Halaman

Minggu, 06 Januari 2013

Kiat Hidup Bahagia

Kiat hidup bahagia Hiduplah, saat ini!
Hidup bahagia adalah tentang waktu, tentang momen-momen yang tengah kita lewati. Dalam buku Being Happy (buku favorituku), inti dari berbahagia adalah menikmati momen "saat ini, sekarang juga". Jadi kiat hidup bahagia adalah hidup saat ini, karena yang kalian miliki hanya saat ini.
Apakah kalian merasa seperti ini?
  1. Aku akan bahagia kalo bisa lulus ujian nasional (dan aku lulus, tapi belum bahagia karena belum diterima di perguruan tinggi).
  2. Aku akan bahagia kalo bisa masuk perguruan tinggi negeri (dan aku masuk PTN, tapi belum bahagia karena belum lulus).
  3. Aku akan bahagia kalo bisa menyelesaikan skripsi dan lulus kuliah (akhirnya skripsiku kelar, tapi aku belum juga bahagia karena belum bekerja).
  4. Aku akan bahagia kalo aku bisa mendapat kerja (aku mendapatkan kerja, namun tak juga merasa bahagia karena belum naik pangkat).
Seandainya kalian terus seperti itu, sampai mati kalian akan jadi orang yang "akan berbahagia, suatu saat" namun tak pernah benar-benar berbahagia. Dari sudut pandang ini, kiat hidup bahagia terletak pada pemusatan pikiran sekarang. Bukan mengkhawatirkan esok atau menyesali kemarin.
 
Kiat hidup bahagia adalah berhenti menunggu
Jadi jika kalian ingin berbahagia, bahagialah sekarang juga. Jangan tunggu esok, jangan tunggu sampai mendapat pekerjaan, jangan tunggu sampai lulus kuliah, jangan tunggu sampai cintamu diterima oleh pujaan hatimu. Berbahagialah dalam tiap detik hidup kalian. Jangan menunggu untuk berbahagia karena belum tentu kalian masih hidup esok.

Kiat hidup bahagia adalah bersyukur
Berbahagialah untuk pekerjaan yang belum kalian dapat, karena ada pekerjaan hebat lain yang tak akan didapat teman kalian yang sudah bekerja.
Berbahagialah untuk nilai yang jelek, karena kamu diingatkan untuk berbuat lebih baik.
Berbahagialah untuk cinta yang tak akan sampai, karena kamu tak akan pernah bahagia jika memaksakannya.
Berbahagialah untuk udara yang kamu hirup, untuk nasi yang kamu makan, untuk rasa sayang yang mungkin tak dikatakan orang tuamu. Berbahagialah karena kamu tidak sedang dikejar pembunuh, tidak sedang terjangkit penyakit yang parah.

 
Kiat hidup bahagia adalah bertindak
Tindakan adalah pelepas kekhawatiran. Kiat hidup bahagia dengan hidup saat ini bukan berarti kita tidak bertindak apapun. Tak bertindak sama halnya dengan membiarkan diri kita dalam kesedihan. Jika menginginkan sesuatu, jangan tunggu, tapi kejarlah.
Orang mengira kiat untuk hidup bahagia adalah melalui kekayaan, harta, kekuasaan, penilaian orang lain, dll. Yang belum mereka tahu, kiat hidup bahagia terletak dalam diri mereka sendiri.

Sumber : IXIA: kiat hidup bahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar