Halaman

Kamis, 23 Mei 2013

MENANG BERSAMA ORANG LAIN

Topik : Mulailah dari Diri Sendiri

Hubungan Anda hanya bisa sesehat diri Anda
------ Neil  Clark Warren

Jika Anda ingin meraih kemenangan bersama orang lain, Anda sendiri harus menjadi pemenang atau setidaknya sedang dalam perjalanan ke arah itu !

·     Anda Harus Mulai dari Diri Sendiri
Kalau kita tidak membentuk karakter pemenang, kita pasti gagal dengan orang lain.

·      Anda tidak bisa bahagia tanpa menjadi sehat
Penelitian mengungkapkan bahwa anda tidak dapat berbahagia semata dengan tak terbebani oleh depresi, stres atau kecemasan. TIDAK ! ---- Anda tidak bisa bahagia kecuali anda sehat! Ada lebih banyak cara menuju sehat dibandingkan cara tidak menjadi sakit. Kesehatan emosi lebih dari hilangnya gangguan emosi. Kesehatan emosi merupakan pusat dari menang bersama orang lain.

·     Anda tidak  bisa memberikan apa yang tidak anda miliki
  • Anda hanya mampu membawa seseorang sejauh yang anda tempuh.
  • Anda tidak bisa merasa nyaman dengan orang lain sampai anda merasa nyaman dengan diri sendiri.
  • Anda mendapatkan yang terbaik dari orang lain kalau anda memberikan yang terbaik dari diri anda. Jika yang terbaik yang anda miliki tidak lebih baik daripada apa yang telah “orang lain” itu miliki, anda tidak akan pernah membawanya lebih tinggi sedikitpun dari keadaannya saat ini.
Kesimpulannya? Jika anda tidak bisa menjadi pemenang, anda akan mendapati hampir tidak mungkin untuk menang bersama orang lain. Namun hasrat dan upaya anda untuk menang bersama orang lain, membantu anda menjadi pemenang.

Jadi : Tidak ada orang yang dapat tulus berusaha menolong orang lain tanpa menolong diri sendiri.

CARA MENJADI PEMENANG
Ada periode kehidupan saat kita menelan pengetahuan tentang diri kita sendiri. Setiap orang mempunyai sedikit rasa gelisah dan tidak aman. Mungkin anda dapat menggambarkan bahwa sosok pemenang, orang yang sempurna dan sehat adalah orang yang : percaya diri, hangat, baik, stabil, memberi, dst. Di satu sisi anda benar! Namun ada yang dibutuhkan “lebih” untuk menjadi pemenang dibandingkan sekadar memiliki serangkaian atribut mengagumkan. Menjadi pemenang pada akhirnya adalah mengenai satu hal : NILAI ANDA!

Pemenang itu berharga!
Menjadi pemenang dalam pengertian kata paling murni tidak hanya berhubungan dengan kinerja anda, penghasilan anda, atau pendapatan anda. Menjadi pemenang berhubungan dengan nilai anda dan apakah anda telah atau belum memilikinya. Saat anda merangkul nilai pribadi anda sendiri, saat anda merasa aman dengan diri anda, anda telah menjadi pemenang.

Berikut beberapa cara menjadi pemenang :
Sadari Nilai Anda
------------Anda berdiri di podium mengeluarkan uang  Rp 100.000,- Siapa yang mau uang ini ?
                Semua : Saya mau!
------------Kemudian sebelum anda memberikannya kepada satu orang, anda meremas uang itu ; Siapa mau?
                Semua : saya mau !
------------Kemudian anda menginjak-injak uang itu ; Siapa mau ?
                 Semua : saya mau!

Baik ...tak peduli apa yang saya lakukan terhadap uang ini, anda masih menginginkannya karena perlakuan saya tidak mengurangi nilainya.  Ini pelajaran berharga ! Ini poin mendalam.
Dalam kehidupan, kita seringkali jatuh, kusut, dan hancur lebur karena keputusan yang kita buat atau situasi yang terjadi pada diri kita. Kita mungkin merasa tidak berharga, tidak berarti di mata kita sendiri dan orang lain. Akan tetapi, terlepas dari masalah yang sudah atau akan terjadi, kita tidak pernah kehilangan nilai kita sebagai manusia. Tak ada yang bisa mengambilnya. Jangan lupakan itu.

Terima Nilai Anda
Berapa kali anda mendengar orang berkata,” dia bermasalah”, dia mengalami masalah kesehatan, emosi, dan tidak nyaman dengan dirinya sendiri. HADAPI SAJA! Kita semua berjalan mengitari planet ini dengan merasakan ketidakamanan dan masalah tentang diri kita yang kita harap bisa kita ubah. Namun hal tertentu tidak bisa kita ubah, mis fisik! Kita harus terima itu.
Proses menerima orang lain adalah tindakan penerimaan diri.

Tingkatkan Nilai Anda
Setiap dari kita dapat meningkatkan diri kapan saja kita memutuskan untuk melakukannya.

Percayai  Nilai Anda
Begitu anda mengenali, menerima, dan meningkatkan nilai anda, anda pada akhirnya harus mempercayainya.  Anda harus mempercayainya dengan keyakinan sedemikian rupa sehingga bersedia untuk mengandalkannya dengan kepercayaan penuh. Anda harus percaya bahwa anda mempunyai nilai jual yang tinggi,anda punya potensi  luar biasa. Anda akan menjadi pemenang!

Dari topik ini :
Lupakan :
Apapun yang membuat anda merasa tidak aman.

Tanyakan :
Bagaimana saya dapat meningkatkan nilai saya supaya menguntungkan orang lain, bukan hanya diri saya sendiri?
Lakukan :

Urutkan hal-hal yang bisa anda tingkatkan dari diri anda (kebiasaan buruk yang ingin dihilangkan  dsb), beserta langkah spesifik yang perlu diambil untuk melakukan peningkatan.

Ingat :
Hubungan anda hanya bisa sesehat tubuh anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar